King Zeus, Siap Bertarung dalam Kompetisi Robot Sumo Internasional

Suatu terobosan baru mahasiswa S1 Teknik Elektro Institut Teknologi PLN untuk membuat suatu karya inovasi berupa robot sumo. Robot sumo merupakan robot petarung 1VS 1 didalam satu lingkaran arena. Robot sumo ini diberi nama King Zeus. 7 anggota King Zeus yang merupakan bagian dari Tim Electrical Research Center dan Himpunan Mahasiswa Elektro yang memfasilitasi berupa saran serta masukkan sehingga terbentuknya 2 robot sumo yaitu Robot Sumo King Zeus Besi dan Robot Sumo Akrilik.

 Awal mula ide untuk membuat robot sumo ini yaitu dengan mengamati perkembangan teknologi robot serta kompetisi robot yang semakin luas diselenggarakan ditingkat nasional ataupun internasional. Alasan membuat robot sumo adalah dengan mempertimbangkan pembuatan robot yang memiliki tingkat kesulitan normal, baik itu dari instalasi elektronika hingga pemogramannya dan memiliki potensi besar untuk dapat berprestasi di tingkat nasional atapun internasional.

“Robot sumo dengan nama king zeus ini menggunakan teknologi berupa mikrokontroler arduino serta penggunaan komponen elektronika seperti motor DC hingga sensor-sensor yang di rancang sedemikian rupa sehingga dapat bergerak dengan pengaturan joystick sebagai remote control dan bergerak otomatis berdasarkan pembacaan sensor,” Kata Maman Firmansyah selaku Project Manager Robot Sumo King Zeus, (10/7)

Robot Sumo King Zeus

Robot sumo king zeus besi merupakan robot sumo berbahan plat besi yang hanya dapat dikendalikan dengan 1 mode saja yaitu manual. Mode manual atau remote control dikendalikan oleh joystick wireless dengan sistem sensor infrared sebagai remote control. Keunggulan dari robot sumo king zeus besi didalam mengikuti kompetisi yaitu dapat bertahan dari kerusakan fisik pada body robot akibat tabrakan.

Berikutnya, Robot sumo king zeus akrilik merupakan robot sumo berbahan plat akrilik yang memiliki keunggulan yaitu dapat dikendalikan dengan 2 mode sekaligus yaitu otomatis atau autonomous dan manual atau remote control. Mode otomatis dikendalikan oleh sensor ultrasonik yang akan mendeteksi posisi lawan pada jarak tertentuk dan sensor infrared yang akan mendeteksi arena berupa pergerakan robot agar dapat terkontrol tidak keluar dari arena. Berbeda dengan robot sumo pada umumnya, robot sumo king zeus akrilik pada mode manual ini dikendalikan oleh joystick wireless berbasis aplikasi smartphone dengan sistem bluetooth sebagai remote control.

Adi Nur Haqqi selaku Project Engineer Robot Sumo King Zeus menjelaskan, “Untuk dapat membuat robot sumo dengan 2 mode yaitu autonomous dan remote control, perlu menerapkan serta mengembangkan ilmu yang didapatkan di bangku kuliah seperti pemograman arduino, instalasi komponen elektronika, dan tipe motor DC berdasarkan perbandingan torsi dengan rpm nya.’’

Kompetisi robot sumo biasanya diadakan oleh instansi Perguruan Tinggi serta instansi daerah. Untuk dapat mengikuti kompetisi robot sumo, perlu memperhatikan spesifikasi dan dimensi robot sumo sebagai syarat dan ketentuan yang dibuat oleh panitia penyelenggara. Spesifikasi berupa mode kendali, berat, dan frekuensi remote control. Sedangkan dimensi berupa ukuran panjang dan lebar robot sumo.

Uji Coba Robot Sumo King Zeus

Maman Firmansyah selaku Project Manager Robot Sumo King Zeus menjelaskan “Butuh waktu sekitar 2 bulan untuk membuat 1 robot sumo. Jadi di dalam membuat 2 robot sumo membutuhkan waktu sekitar 4 bulan. Yang dimana tantangan pada masa pandemi covid 19 ini sedikit menghambat proses pengerjaan dilapangan.

“Akan tetapi, hal tersebut tidak membuat semangat teman-teman tim robot sumo king zeus untuk tetap berkarya dengan mematuhi protokol kesehatan.” jelasnya.

Sementara itu Adi Nur Haqqi selaku Project Engineer Robot Sumo King Zeus menambahkan, “2 robot sumo yang sudah kami rakit ini, akan mengalami perkembangan lebih lanjut kembali untuk dapat bersaing di kompetisi tingkat nasional ataupun internasional dan robot sumo king zeus ini akan menjadi tanggung jawab seluruh masyarakat S1 Teknik Elektro.”

Dengan rasa semangat untuk berprestasi, Pada bulan mei 2021 tim robot sumo king zeus telah lolos dalam seleksi berkas, spesifikasi, dan dimensi robot pada kompetisi tingkat Internasional yaitu Rotary International Robotic’s Games 2021 kategori robot sumo remote control. Yang dimana, akan berlangsung pertandingan pada tanggal 11-12 desember 2021 bertempat di Ciputra World, Surabaya yang di ikuti oleh berbagai negara seperti Thailand dan Argentina.

Sumber: Electrical Research Center